BPS Paparkan Inflasi Bahan Pangan

Banjarbaru – Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan, Yos Rusdiansyah memaparkan data inflasi bahan pokok pada rapat terbatas terkait data barang kebutuhan pokok yang berpengaruh terhadap inflasi di Kalimantan Selatan. Acara bertempat di Ruang Rapat H. Abrani Sulaiman Gedung Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (22/06/2022).

Lima bulan di awal tahun 2022, Indonesia dihadapkan pada isu panas berupa naiknya harga barang-barang kebutuhan pokok. Fenomena ini juga terjadi di Kalimantan Selatan. Naiknya harga barang tersebut ternyata memicu inflasi. Fenomena ini tergambar dari data inflasi bulanan yang telah dirilis oleh BPS.

Narasumber lainnya adalah Bank Indonesia , diwakili oleh Bimo Epyanto, yang menjelaskan penyebab inflasi. Situasi geopolitik berupa konflik Rusia dan Ukraina juga menyebabkan ketersediaan beberapa komoditas terganggu.

Peserta yang hadir berasal dari Bappeda, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, serta tuan rumah Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan hadir bersama Statistisi Madya selaku Koordinator Fungsi Statistik Distribusi (Fachri Ubadiyah), dan staf di Fungsi Statistik Distribusi (Abdurrahman).

Website : kalsel.bps.go.id
Facebook/ Youtube : BPS Provinsi Kalimantan Selatan
Twitter/ Instagram : @bpsprovkalsel

Abdurrahman

Learn More →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *