Briefing Survei Ubinan Tahun 2022 Kabupaten Banjar, Langkah Kolaborasi Meningkatkan Kualitas Data Pertanian

Banjar- Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar melaksanakan briefing survei ubinan se Kabupaten Banjar pada hari Rabu, 20 Juli 2022. Jumlah peserta sebanyak 106 orang terdiri dari tim BPS Kabupaten Banjar sebanyak 22 orang, tim BPS Provinsi Kalimantan Selatan 5 orang, mitra ubinan BPS Kabupaten Banjar sebanya 44 orang, Dinas Pertanian Kabupaten Banjar 5 orang, Kepala Cabang Dinas Pertanian 19 orang, Pembakal Desa Pasar Jati 1 orang, Anggota Kelompok Tani Kerja Bersama15 orang.

Kegiatan diawali dengan briefing di kantor BPS Kabupaten Banjar yang dipimpin oleh fungsi Produksi, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lapangan berupa praktik di sawah yang dikelola kelompok tani Kerja Bersama di Desa Pasar Jati, Kecamatan Astanbul. Kegiatan lapangan dilakukan untuk memberikan pengalaman secara langsung proses ubinan kepada seluruh peserta briefing yang mayoritas belum pernah melakukan ubinan secara langsung.

Pada pelaksanaannya, praktik ubinan dibagi menjadi 12 kelompok yang menggabungkan antara Organik BPS, Mitra BPS, dan KCD/Dinas Pertanian dalam setiap kelompoknya. Erly Heriadi selaku koordinator praktik ubinan kali ini menyampaikan tahapan yang harus dilakukan oelh seluruh tim, dimulai dari merakit alat ubinan, memasang alat ubinan di area yang ditentukan, melakukan panen dalam area ubin, dan menimbang hasil panen tersebut. Kegiatan praktik ubinan berjalan dengan sangat lancar dan penuh antusias dari peserta.

Acara pelatihan ditutup dengan evaluasi pelatihan dari subject matter statistik pertanian BPS Provinsi Kalimantan Selatan dalam hal ini diwakilkan oleh Husnalia. Evaluasi utama yang diberikan adalah proses pembersihan gabah sebelum ditimbang yang belum maksimal, sehigga kemungkinan error dari hasil timbangan bisa besar, ia berharap pada proses ubinan, gabah sudah harus bersih dari sampah seperti batu atau daun kering yang ada. Koordinator Fungsi Statistik Produksi BPS Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan harapannya untuk terciptanya kolaborasi yang lebih baik setelah pelatihan ubinan ini seleasi dilaksanakan. Rismanto berpesan kepada petugas ubinan BPS Kabupaten Banjar dapat mengajak para KCD saat melakukan ubinan agar bisa saling mengetahui apa yang dikerjakan.

Hakiki Sandhika Raja

Humas BPS Provinsi Kalimantan Selatan

Learn More →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *