Peresmian Pojok Statistik Universitas Lambung Mangkurat

Banjarbaru – Pojok Statistik Universitas Lambung Mangkurat telah diresmikan oleh Sekretaris Utama (Sestama) BPS RI, Atqo Mardiyanto dan Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) pada Kamis (9/6/2022). Ini adalah Pojok Statistik yang ke-11 di seluruh Indonesia. Sestama mengatakan kekagumannya, karena Pojok Statistik yang berlokasi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) ini bukan berlokasi pada pojok di dalam gedung atau ruangan, namun berada pada sebuah bangunan tersendiri yang kokoh laiknya kantor.

“Pojok statistik merupakan salah satu program BPS RI untuk mendekatkan pelayanan statistik kepada masyarakat. Berdasarkan survei, salah satu pengguna terbanyak data statistik adalah akademisi atau mahasiswa. Dengan pojok statistik mereka tidak susah-susah mencari data. Data itu sudah tersedia, kita coba kolaborasi dengan ULM menyediakan pojok statistik supaya masyarakat tahu siapapun bukan hanya mahasiswa, dosen, teman-teman mediapun juga diperbolehkan,” lanjut Atqo.

Hal senada juga diungkapkan Rektor ULM Sutarto Hadi yang menyambut baik kerjasama oleh BPS dan ULM. Pihak ULM menyadari manfaat dari keberadaan pojok statistik, baik bagi dosen maupun mahasiswa. ULM tidak ragu untuk menyediakan fasilitas sebuah bangunan untuk disulap menjadi pojok statistik.

Acara peresmian ini dilanjutkan dengan Kuliah Umum oleh Sestama BPS bertemakan “Sinergitas dan Kolaborasi Dunia Akademisi dan Penyelenggaran Statistik Negara, baik secara Regional dan Global dalam Menghadapi Era Disrupsi”. Rektor ULM juga berkenan hadir mengikuti kuliah umum beserta para dekan, dosen, dan mahasiswa ULM.

Abdurrahman

Learn More →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *